Kamis, 05 Oktober 2017

Posted by Admin1bg Kamis, Oktober 05, 2017 No comments Arsip

Air Terjun Gulingan - Grobogan Jawa Tengah


 Air Terjun Gulingan, air terjun ini berada di dukuh Sandi, desa Sedayu, kecamatan Grobogan, kabupaten Grobokan, Jawa Tengah
Air terjun yang terletak dikawasan pegunungan kendeng ini sangat lah indah mempesona dan belum banyak dikenal masyarakat luas. Untuk menuju lokasi, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 16 km perjalanan dari pusat kota purwodadi. Akses kesini cukup mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Untuk kendaraan umum bisa menggunakan bis antar kota purwodadi-pati dan dilanjutkan naik ojek sekitar 4 km dan masih harus jalan kaki sekitar 1 km untuk menuju lokasi.
Kebetulan saya tidak lewat jalur purwodadi melainkan dari pati jawa tengah. Dari desa Sukolilo (Pati) lurus saja menuju ke grobogan, kalian akan melewati wisata sumber jati pohon di sebelah kanan jalan, karena tujuan  ke air terjun gulingan lurus saja mengikuti jalan itu dan ada 2 pilihan jalur menuju ke lokasi melewati jalan wisata goa macan dan goa lawa langsung kedukuh sandi, untuk lewat jalur gua macan dan lawa  perhatikan di lajur kiri jalan raya nanti ada gapura tertulis jelas goa macan dan goa lawa, masuk ikuti saja jalan itu setelah sampai ditempat wisata goa macan dan goa lawa lurus saja mengikuti jalan berbatu dan licin sekitar 1 km, jalur ini bisa ditempuh mengunakan sepeda motor dan akan sampai diatas air terjun.Tapi sayangnya disini tidak ada parkir kendaraan, lebih tepatnya ditinggal disawah kendaraannya, beresiko hilang tapi tidak jalan kaki karena kita akan langsung sampai diatas air terjun gulingan, dan turun sekitar 20 meter saja sudah sampai dilokasi
Disarankan untuk langsung ke dukuh sandi  saja karena ada parkir kendaraan disana jadi lebih aman, liburan pun jadi nyaman tapi siapkan fisik anda ya karena dari lokasi parkiran pengunjung masih akan berjalan kaki sekitar 1 km untuk menuju lokasi. Tapi kalian tidak akan bosan karena disuguhkan pemandangan khas pegunungan yang indah.
Jangan khawatir tersesat karena disini sudah ada papan petunjuk jalan. Setelah sampai dilokasi rasa capek lelah diperjalanan akan terbayarkan dengan indahnya air terjun gulingan ini..
Untuk masuk ke lokasi pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar 1000 rupiah, harga yang sangat murah jika dibandingkan keindahan air terjun gulingan.


0 review dari pembaca:

Posting Komentar

© 2019. kota.my.id