Senin, 04 September 2017

Posted by Admin1bg Senin, September 04, 2017 No comments Arsip
Wikipedia bahasa Indonesia di F icon.svg Facebook, Twitter bird logo 2012.svg Twitter, Instagram simple icon.svg Instagram, dan Telegram logo.svg Telegram
    Tutup
Ensiklopedia
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ini adalah versi yang telah diperiksa dari halaman initampilkan/sembunyikan detail
Question book-4.svg
    Artikel ini membutuhkan lebih banyak catatan kaki untuk pemastian. Bantulah memperbaiki artikel ini dengan menambahkan catatan kaki dari sumber yang terpercaya.
Ensiklopedia Umum Dalam Bahasa Indonesia karya Adi Negoro, Bulan Bintang, Jakarta, 1954.

Ensiklopedia (ejaan tidak baku: ensiklopedi) adalah sejumlah tulisan yang berisi penjelasan yang menyimpan informasi secara komprehensif dan cepat dipahami serta dimengerti mengenai keseluruhan cabang ilmu pengetahuan atau khusus dalam satu cabang ilmu pengetahuan tertentu yang tersusun dalam bagian artikel-artikel dengan satu topik bahasan pada tiap-tiap artikel yang disusun berdasarkan abjad, kategori atau volume terbitan dan pada umumnya tercetak dalam bentuk rangkaian buku yang tergantung pada jumlah bahan yang disertakan.[1]

Daftar isi

    1 Etimologi
    2 Ensiklopedia pada Masa Klasik Antik di Eropa
    3 Sejarah ensiklopedia di dunia modern
    4 Ensiklopedia di Indonesia
        4.1 Era klasik
        4.2 Era kontemporer
    5 Ensiklopedia pada masa depan
    6 Ensiklopedia cetak yang terkenal dalam bahasa lain
    7 Lihat pula
    8 Referensi
    9 Bacaan lanjutan
    10 Pranala luar

Etimologi

Kata "ensiklopedia" diambil dari bahasa Yunani; enkyklios paideia (ἐγκύκλιος παιδεία) yang berarti sebuah lingkaran atau pengajaran yang lengkap. Maksudnya ensiklopedia itu sebuah pendidikan paripurna yang mencakup semua lingkaran ilmu pengetahuan. Seringkali ensiklopedia dicampurbaurkan dengan kamus dan ensiklopedia-ensiklopedia awal memang berkembang dari kamus. Perbedaan utama antara kamus dan ensiklopedia ialah bahwa sebuah kamus hanya memberikan definisi setiap entri atau lemma dilihat dari sudut pandang linguistik atau hanya memberikan kata-kata sinonim saja, sedangkan sebuah ensiklopedia memberikan penjelasan secara lebih mendalam dari yang kita cari. Sebuah ensiklopedia mencoba menjelaskan setiap artikel sebagai sebuah fenomena. Atau lebih singkat: kamus adalah daftar kata-kata yang dijelaskan dengan kata-kata lainnya sedangkan sebuah ensiklopedia adalah sebuah daftar hal-hal yang kadang kala dilengkapi dengan gambar untuk lebih menjelaskan.
Ensiklopedia pada Masa Klasik Antik di Eropa

Kata Ensiklopedia berasal dari bahasa Yunani, terutama bahasa Yunani kuno. Walaupun begitu, ensiklopedia tertua bukanlah berasal dari Yunani tetapi dari Kekaisaran Romawi yang ditulis oleh Marcus Porcius Cato dan hidup pada abad ke-3 sampai 2 sebelum Masehi. Bentuk ensiklopedia yang masih ada sampai sekarang dan tertua ditulis oleh Caius Plinius Secundus pada abad pertama Masehi. Ensiklopedia Plinius ini terdiri dari 38 jilid.
Sejarah ensiklopedia di dunia modern

Pada era modern kata ensiklopedia secara pertama kali dipakai oleh Paul Scalich, seorang penulis Jerman pada tahun 1559. Lalu filsuf Inggris Francis Bacon pada awal abad ke-17 memakai kata ini pada arti modern.

Tetapi makna kata ensiklopedia baru dipakai dalam artinya seperti hari ini setelah Denis Diderot, seorang penulis dan filsuf Perancis juga memakai kata ini untuk memberi nama proyek yang sedang dikerjannya. Proyeknya yang juga dikatakan proyek abad ke-18 ini berlangsung selama 30 tahun, dari tahun 1750 – 1780. Tujuan proyeknya ini untuk menulis secara sistematis semua pengetahuan yang diketahui oleh umat manusia.

Dalam bahasa Perancis ensiklopedia Diderot ini disebutnya: Encyclopédie ou Dictionnaire raisonné des sciences, des arts et des métiers. Artinya dalam bahasa Indonesia ialah “Ensiklopedia atau kamus beranotasi tentang ilmu pengetahuan, seni, dan pekerjaan.
Ensiklopedia di Indonesia
Era klasik

Ensiklopedia tertua di Indonesia berasal dari pulau Jawa dari budaya Jawa-Hindu dan ditulis dalam bahasa Jawa Kuno. Ensiklopedia ini disebut Cantaka Parwa dan berisi segala macam ilmu pengetahun dan cerita-cerita mitologi dan wiracarita. Kemungkinan besar kitab Cantaka Parwa ini ditulis pada abad ke-9 Masehi.

Selain Cantaka Parwa, kitab Canda Kirana yang kurang lebih berasal dari masa yang sama pula pantas disebut pula. Tetapi Canda Kirana sebenarnya lebih menampakkan ciri-ciri khas kamus daripada ensiklopedia.

Lalu pada masa pasca-Hindu atau masa Islam Jawa, antara abad ke-16 sampai abad ke-18, muncul karya-karya sastra yang sebenarnya bukan dimaksudkan sebagai ensiklopedia, tetapi bersifat ensiklopedis. Kitab-kitab yang dimaksud ini adalah Serat Centhini dan Serat Cabolang. Kitab-kitab ini berisikan cerita siswa yang mengembara dan belajar di mana-mana. Di setiap tempat di mana ia singgah, di situ ia belajar hal baru. Kitab-kitab ini yang tidak jarang tebalnya berjilid-jilid, pada mulanya memang diperkirakan memang kumpulan karya-karya mengenai segala macam ilmu pengetahuan yang dirangkai menjadi satu.

Kemudian pada pertengahan abad ke-19, sang pujangga Surakarta; Ranggawarsita menulis sebuah karya sastra yang disebutnya Pustaka Raja Purwa ("Kitab Raja Kuno"). Kitabnya ini yang sangat digemari oleh khalayak ramai kala itu, memuat segala macam cerita tentang sejarah raja-raja kuno dan lain hal. Cerita-cerita ditulis secara kronologis oleh Rangga Warsita. Bahkan setelah Rangga Warsita tidak melanjutkan kitab ini, kitab ini dilanjutkan oleh para penggemarnya.

Pada tahun 1898, sebuah karya bersifat ensiklopedis ditulis di Surakarta oleh ki Padmasusastra (Wira Pustaka). Kitab ini oleh Padmasusastra dinamainya Bauwarna[2]. Karyanya ini sudah bersifat modern, karena semua bahan-bahan yang dibahas dan dimuat dalam bukunya disusun menurut abjad. Saat ini naskah tersebut tersimpan di Museum Radyapustaka Surakarta.
Era kontemporer

Orang-orang Indonesia yang mengecap pendidikan kolonial Belanda, mulai akhir abad ke 19 dan awal ke 20 mulai tertarik dengan ide-ide dan gaya pemikiran Dunia Barat. Lalu muncullah karya-karya yang bersifat ensiklopedia dalam bahasa Indonesia. Sejarah ensiklopedia di Indonesia mulai dikenal tahun 1954 (setelah Indonesia merdeka) dengan diterbitkannya Ensiklopedia Indonesia, tahun 1977 terbit sebuah Ensiklopedi Umum kemudian Ensiklopedi Indonesia (1981).[3]

Pada era pasca Kemerdekaan Indonesia, terutama dewasa ini ensiklopedia yang terkenal antara lain adalah Ensiklopedia Indonesia yang telah disebut di atas ini. Selain itu ada pula Ensiklopedi Nasional Indonesia yang terdiri dari 18 jilid. Lalu pada dasawarsa terakhir abad ke-20 muncul pula ensiklopedia yang berasaskan agama Islam dan disebut Ensiklopedia Islam Indonesia. Salah seorang penyusun ensiklopedia terakhir ini adalah Nurcholish Madjid.

Lalu ada pula ensiklopedia berdasarkan ajaran Katolik berjudul Ensiklopedia Gereja yang disusun oleh Adolf Heuken.

Selain itu ada pula beberapa ensiklopedia-ensiklopedia kecil yang tidak terlalu penting dan merupakan terjemahan dari bahasa-bahasa asing. Biasanya ensiklopedia-ensiklopedia ini merupakan ensiklopedia-ensiklopedia remaja atau anak-anak.

    Ensiklopedi Indonesia 02a.jpg
    Ensiklopedi Indonesia 03a.jpg

Ensiklopedia pada masa depan

Dengan munculnya revolusi informasi digital, maka muncullah pula ensiklopedia dalam bentuk perangkat lunak di mana setiap entri atau lemma bisa dicari dengan mudah. Sebuah contoh ialah Encarta, ensiklopedia keluaran Microsoft. Pada tahun 2001 muncul sebuah ensiklopedia populer di internet yaitu Wikipedia. Wikipedia berusaha menulis sebuah ensiklopedia yang terlengkap dalam semua bahasa di dunia dan menyajikannya secara bebas di dunia maya. Ensiklopedia online ini tersaji dalam banyak bahasa, antara lain bahasa Indonesia.
Ensiklopedia cetak yang terkenal dalam bahasa lain

    Bahasa Belanda
        Winkler-Prins Encyclopedie
    Bahasa Inggris
        Encyclopaedia Britannica
    Bahasa Jerman
        Brockhaus Enzyklopädie
    Bahasa Mandarin
        Yu-hai, Ensiklopedia yang terbit pada tahun 1738 ini terdiri dari 240 jilid dan merupakan yang terbesar pernah terbit di dunia.
    Bahasa Perancis:
        Encyclopédie ou Dictionnaire raisonné des sciences, des arts et des métiers
    Bahasa Rusia
        Ensiklopedia Soviet Agung
    Bahasa Swedia
        Nordisk familjebok

Lihat pula

    Kamus
    Wikipedia

Referensi

    ^ ""Encyclopedia."". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-08-03. Glossary of Library Terms. Riverside City College, Digital Library/Learning Resource Center. Retrieved on: November 17, 2007.
    ^ Versi digital dari "Bauwarna" Padmasusastra
    ^ Ensiklopedi Indonesia Volume 2 hal 294 diterbitkan oleh PT Ichtiar Baru-VanHove, 1986

Bacaan lanjutan

    Entri ensiklopedia pada Ensiklopedi Nasional Indonesia (1991)

Pranala luar
    Wikimedia Commons memiliki galeri mengenai:
Encyclopedias
    Lihat informasi mengenai
encyclopedia di Wiktionary.

    Internet Accuracy Project – Biografis kesalahan dalam ensiklopedia dan almanak
    Encyclopedia – Diderot artikel di Ensiklopedia yang asli Encyclopédie.
    What makes a scholarly encyclopedia?
    De expetendis et fugiendis rebus – Renaisans pertama encyclopedia
    Kamus Sains – Encyclopedia ilmu pengetahuan secara komprehensif
    Kesalahan dan inkonsistensi dalam beberapa cetakan buku referensi dan ensiklopedi
    Ensiklopedi digital menempatkan dunia di ujung jari anda – Artikel CNET
    Indeks pustaka internet – Daftar encyclopedia online
    Encyclopedias online University of Wisconsin – Stout listing menurut kategori
    Cyclopaedia Chambers 1728 dengan suplemen 1753
    Encyclopedia Encarta (Arsip 2009-10-31)
    Encyclopædia Americana, 1851, Francis Lieber ed. (Boston: Mussey & Co.) University of Michigan di situs web Amerika
    Encyclopædia Britannica, artikel dan ilustrasi dari 9th ed., 1875–89, and 10th ed., 1902–03.
    Encyclopædia Britannica, 11th ed., 1911, di situs web LoveToKnow.

Kategori:

    Ensiklopedia

Menu navigasi

    Belum masuk log
    Pembicaraan
    Kontribusi
    Buat akun baru
    Masuk log

    Halaman
    Pembicaraan

    Baca
    Perubahan tertunda
    Sunting
    Sunting sumber
    Versi terdahulu

Pencarian

    Halaman Utama
    Perubahan terbaru
    Peristiwa terkini
    Halaman baru
    Halaman sembarang

Komunitas

    Warung Kopi
    Portal komunitas
    Bantuan

Wikipedia

    Tentang Wikipedia
    Pancapilar
    Kebijakan
    Menyumbang
    Hubungi kami
    Bak pasir

Bagikan

    Facebook
    Twitter
    Google+

Cetak/ekspor

    Buat buku
    Unduh versi PDF
    Versi cetak

Perkakas

    Pranala balik
    Perubahan terkait
    Halaman istimewa
    Pranala permanen
    Informasi halaman
    Item di Wikidata
    Kutip halaman ini
    Pranala menurut ID

Bahasa lain

    Deutsch
    English
    Français
    Հայերեն
    Basa Jawa
    Baso Minangkabau
    Bahasa Melayu
    Basa Sunda
    中文

Sunting interwiki

    Teks tersedia di bawah Lisensi Atribusi-BerbagiSerupa Creative Commons; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya.

    Kebijakan privasi
    Tentang Wikipedia
    Penyangkalan
    Pengembang
    Cookie statement
    Tampilan seluler

    Wikimedia Foundation   
    Powered by MediaWiki   

0 review dari pembaca:

Posting Komentar

© 2019. kota.my.id